Hari Raya Idul Adha

Hari Qurban yang lalu saya mendapat amanah untuk mengabadikan kegiatan Hari raya Idul Adha dan qurban di masjid. karena biasanya saya memang rajin mengabadikan kegiatan-kegiatan di masjid dengan kamera digital saya dan mencetaknya untuk ditempel di Masjid. sebenarnya saya agak grogi juga karena baru kali ini resmi diminta jadi seksi dokumentasi sa'at diumumkan nama-nama panitia Qurban di pengajian malam. soalnya kamera saya ngga canggih2 amat dan ngga punya lensa zoom atau tele jadi mungkin agak sulit kalau harus foto dari jarak jauh. tapi ya sudah Alhamdulillah sudah dipercaya jadi harus dilaksanakan semampu dan sebaik mungkin.shalat Id saya, bunda, tyas dan bibi sampai dilokasi sekitar jam 6 pagi. saya mencoba mencari beberapa objek foto dengan moment yang tepat dan dari sudut yang tepat, kalaupun jika hasil gambar kurang spesifik bisa dicropping dan edit nanti sa'at olah hasilnya. saya agak kesulitan sa'at harus mengambil gambar dari jauh karena saya agak segan kalau harus kedepan mendekati mimbar melewati shaf2 jama'ah yang duduk. tapi dapet juga sih beberapa foto dari jauh.selesai shalat kita pulang dulu untuk makan, lalu berangkat lagi ke mesjid ke lokasi pemotongan qurban.dilokasi pemotongan hewan qurban, saya mengambil lebih banyak foto lagi, dari kegiatan pemotongan kambing dan sapi, pengulitan, pencacahan (sound scary right?), peng'edit'an (maksudnya memisahkan bagian2 tubuh qurban, misalnya bagian daging, kulit, jero'an, tulang, dll), pembuatan paket, pembungkusan paket, sampai acara terakhir pembagian paket daging qurban.lumayan teler karena saya agak gamang lihat darah berceceran sana-sini, bau daging campur darah, daging yang berlimpah ruah, orang2 bersenjata parang, golok, cutter, pisau,...(syukurlah yang ini bukan buat tawuran tapi buat kegiatan mulia penuh barokah). kalau tidak salah qurban tahun ini ada sebanyak 10 ekor sapi dan 40 ekor kambing. Saya juga sempatkan membantu mambuat paket2 daging qurban (tyas juga ikut bantu), baju celana dan tangan saya sudah belepotan daging dan darah. tapi semuanya tampak gembira dan rame, kompak dan terorganisir dengan baik pembagian-2 tugasnya. dari jam 730 sampai jam 2 siang saya di masjid. makan siang rame-rame pakai sop kambing yang dibuat ibu2, wah saya ambil sepiring penuh bersama nasi.. serbuuu. paket qurban akhirnya selesai dibagikan, kurang lebih 1200 paket.pulangnya badan pegal-pegal semua, bauuu kambing.....(bayangkan, 2 hari setelahnya, bunda dan bibi bilang bau kambingnya ngga juga hilang dari celana dan baju saya.. hehehe..). Tapi alhamdulillah saya bisa dapat lebih dari 200 foto untuk saya pilih lalu saya cetak buat ditempel dimesjid. 3 hari kemudian tugas saya sudah selesai, foto2 sudah bisa dilihat oleh teman2 di Masjid, alhamdulillah semua berjalan lancar.
beberapa foto yang saya ambil kemarin.






No comments: