Keunggulan kelemahan Honda Beat versi Abah

Ini bukan promosi bukan iklan, tapi ingin sharing tentang motor yang abah sekarang pakai.
Alhamdulillah bunda dapat rezeki lebih bunda mnta abah ganti motor kami dengan yang baru karena motor abah yang sekarang (Supra Fit) sudah mulai aneh dibawanya.
Akhirnya setelah abah lirik sana lirik sini, abah naksir sama motor Honda Beat yang sekarang ini banyak meluncur di jalanan Jakarta.
Walau agak grogi juga karena ini motor matik yang ngga pakai gigi, abah sudah lebih dari 10 tahun selalu unjuk gigi, maksudnya pakai motor bergigi, khawatir kalau pakai motor matik abah bingung bawanya, sama bingungnya kalau bawa motor besar yang pakai main kopling.
Akhirnya setelah nekad, bunda ajak abah ke dealer Honda yang kebetulan lagi promosi di pinggir jalan. langsung pesan, pilih warna merah, besoknya Honda Beat warna merah sudah diantar kerumah. Dapat hadiah jaket dan helm juga.. standar SNI.

Kenapa abah tertarik sama Beat?

Setelah 2 bulan meluncur dengan Honda Beat, seperti yang dikhawatirkan abah memang sempat dapat kecelakaan satu kali menabrak mobil box yang mendadak berhenti, abah kagok ngeremnya karena biasa injak rem dengan kaki, Beat remnya semua pakai tangan. nabraklah abah. hancur kaca depan motor baru abah.
tapi besoknya sudah ganti baru di bengkel Ahass pakai uang abah yang feeling guilty sama bunda.
dan ternyata memang kayaknya abah ngga salah milih motor..
untuk pria seusia abah dan seperti abah, Honda Beat ternyata cocok buat abah.

Ini beberapa keunggulan dan kelemahan Honda Beat versi abah:

Logonya bagus, strippingnya sederhana dan tidak norak.
Cocok buat abah yang kalem tapi ngga mau ketinggalan jaman.. (gdubraxxx..)

Bodi ditengah ada space lega yang bisa abah pakai buat bawa-bawa barang atau belanjaan.
Cocok buat abah yang kini bergerak dibidang jual menjual.
kelebihan lain kalau abah pakai sepatu bisa injak dasar base dan terlindung oleh sayap/tameng motor dari cipratan genangan air kalau lagi hujan. sepatu tetap kinclong.
Sayangnya gantungan bawa'an nya cuma satu, dan kadang kalau banyak belanjaan terpaksa ditumpuk semua disitu pasti ada yang lepas dari kaitan karena kurang dalam.
Ada bagasi kecil dibodi sayap motor. cukuplah buat naruh segelas aqua kecil, handuk/lap, koin recehan buat parkir (tutupin pakai handuk :P), 1 jaket hujan dilipat-lipat kecil, kadang juga cemilan kalau lagi lapar bisa ditaruh disitu.
sayangnya ruangnya memang terlalu kecil sehingga kapasitasnya terbatas sekali.

Kunci ganda, jadi lubang masukin kunci bisa di tutup oleh tuas geser dibawahnya.
yang namanya kunci letter T yang biasa dipakai maling motor ngga mempan dengan lock ganda ini. Ini lubang kunci dalam keadaan terbuka...

Ini lubang kunci dalam keadaan tertutup.
Kunci Honda Beat jadi berbentuk agak unik, satu untuk kunci lubang, satu lagi untuk membuka kunci penutup lubang... gmana? bingungkan...? pokoknya gitulah.. :)


Lampunya mewah, besar dan futuristik. sayangnya sorotan lampu agak aneh menurut abah.
karena lampu tidak terletak di setang, tapi di bodi, hingga sorotan lampu tidak mengikuti gerak setang seperti motor Honda Fit, tapi ngikutin bodi. itulah sebabnya kenapa lampu Honda Beat bagi abah suka lambat fokusnya, abah sudah belok lampunya ngga ikut belok..


Tampilan speedometernya cukup sederhana dan tidak bikin mata capek.
Tapi yang keren backlightnya itu lho..
Kalau malam terlihat jelas (foto dibawah)


Ini tutup lubang bensin, putarannya agronomis, gampang dibuka dan fit ditangan, tidak terlalu kecil sehingga bukanya harus pakai jari.
Disekitar tutup bensinpun ada semacam tampungan karet, mungkin ini fungsinya untuk menampung bensin yang tumpah jika ngisi bensinnya kebanyakan.
Bensin yang tumpah tidak berceceran dibody motor.
Bensin yang dianjurkan Pertamax ya? tapi abah sejak beli belum coba pakai Pertamax, tetap setia dengan Premium yang murah meriah..
sayangnya kapasitas tangkinya lebih kecil dari Supra Fit, Honda Beat Abah mengeluarkan Rp 13.000 untuk full tank, sementara waktu pakai Fit abah biasa mengeluarkan Rp 15.000 full tank.
pengaruhnya, abah jadi lebih sering ke Pom bensin, dan ini cukup menjengkelkan apalagi kalau harus ngantri panjang...
Pernya cuma satu, tapi lumayan empuk laju jalannya.. benda yang satu ini cukup penting untuk jalanan jakarta yang banyak lubangnya dan polisi tidurnya.
Ini tutup bagasi. kelihatan rapih.

Sayangnya kapasitas bagasinya kecil dan sempit. tidak seperti yang abah bayangkan bisa masuk helm. (ternyata yang bisa masukin helm itu Honda Vario ya).
didalam bagasi terletak aki kering dan di pisahkan oleh sekat lagi. menyisakan ruang cukup untuk bawa jas hujan satu, tali motor dan perkakas.


kaca spionnya lumayan besar dan luas, (aneh banyak pengendara motor di Jakarta senang tidak pakai spion atau spion dipasang seukuran upil... ups jorok ya?), cocok buat abah yang senang nengok ke belakang jaga-jaga jika ada kendaraan lain yang ngebut dibelakang (maklum abah super slow). bagian belakang/punggung spion pun tidak halus seperti Fit tapi seperti gradagan dicetaknya sehingga kalau spion nyerempet dinding rumah (maklum abah tinggal di rumah digang-gang sempit) tidak menimbulkan scratch/bekas di spionnya.

satu kekurangan Beat adalah sulit meletakkan/membawa barang di jok belakang dengan diikat tali karet, karena tempat kaitan karet nyaris tidak ditemukan.
Akhirnya solusinya abah beli tas motor saja yang kayak pak pos itu lho... diselampirkan di bawah jok buat bawa barang belanja'an.

Yang paling abah suka Honda Beat punya tameng knalpot.. goodbye keselot knalpot panas.. (maklum kaki abah sudah punya 2 tatoo bekas kena knalpot panas).
ini penting buat motor yang diparkir sementara dirumah abah banyak bocah-bocah kecil main didepan rumah.. Insya Allah lebih aman buat mereka.
Injakan kaki luas, naik Honda Beat bisa 3 gaya posisi kaki lho..
mau kaki lurus manis seperti putri solo pakai sarung, posisi kaki nginjak base dasar motor.
mau setengah nekuk seperti biasa, posisi kaki ditengah injakan.
atau posisi ngangkang seperti ibu-ibu mau melahirkan.. :) posisi kaki agak kebelakang.
Urusan roda pun ternyata oke juga, sekali saya pernah mengalami roda belakang bocor kena pecahan kaca besar, ternyata bolongnya dekat pentil sehingga kata tukang tambalnya mesti ganti ban dalam. Ternyata urusan ganti ban dalam buat Honda beat tidak serumit dan tidak selama Honda Supra abah yang lalu. ban dalam bisa langsung dicabut dari ban luar tanpa harus melepaskan roda velg dari tempatnya. dan ternyata bengkel pinggir jalan pun sudah siap sedia menyuplai ban dalam ukuran Honda Beat yang juga seukuran dengan Vario rupanya.
yang ini juga keren, motor ngga akan hidup tanpa sandarannya ditutup..
jadi ngga akan ada lagi kejadian naik motor terguling lupa nutup sandaran.
So far, Alhamdulillah enjoy pakai Honda Beat.
bisa dipakai santai bisa juga buat ngebut...
tidak repot lagi ganti gigi.. jalan nanjak juga oke.
hanya ngerem saja yang bikin ketar-ketir..
takut masih reflex injak rem kaki....
:)

14 comments:

amilus said...

hihihiiiii.. , aduh baah, kemaren saya waktu di sodara nekat make matic dan akhirna nyongsor jugak, kayaknya ceritanya sama yaa?? :D

baduy said...

bah,,, lain kali klo mau foto2,, di cuci dulu motornya,,, hiwhiw,,,
thx bah atas infonya,, lusa saya mau ke dealer,, jadi juga beli honda beat!! :D :D

destinationheaven Indonesia said...

duh, iya juga ya harusnya dicuci dulu.. jadi malu...
oh ya... ternyata postingan ini jadi nomer satu yang di akses di blog ini lho... wah jadi referensi motor beat ya.. mestinya honda ngasih saya hadiah gitu kan promosiin honda beat ya.. jas hujan gitu lumayan jas hujan abah udah robek sana sini.. huhuhu ;)

Anonymous said...

Nice inpo gan ^^ mangstabs..
tapi kalo bandingkan beat ma vario bagusan sapa ya?? pengen tau..

Anonymous said...

Maap gan, ralat.. mau tanya beda beat ma vario dimana nya?? hehehe..

lia said...

jadi makin suka aja ama honda beat. doa'in aja bisa dibeliin ama or-tu.XD

ancurtotal said...

bah, wlau pun w bru pke hnda beat tp w prcaya. honda beat mang mtor matic yg pling safety...

Anonymous said...

aduhh bahh

beat saya sayapnya pecah,

sakit hati liatnya

Anonymous said...

BeAT oke pun

Sopandii Art said...

saya baru pengen kredit Honda Beat :D
abis irit JKT-Karawang Cuma 7500 bensinnya :P

Anonymous said...

beat celehh, palagi dibuat mejeng gx pantes, cocok buat dagang sayur or ngojek.. taaariikk mangg

harga jual motor honda beat said...

wah lengkap banget nih si abah ngejelasin tentang motor honda beat nya
semangat...
hehehee

Anonymous said...

abah...saya juga pemakai supra ... nah istri tertarik mau beli honda beat , saya ingin tanya kalo beat kuat ga di tanjakan ?

parkir di mall , jatah motor selalu dapetnya di basement B1 atau B2 malah B3 ... kalo pake supra , pasang gigi 1 mantap dah ..kuat , nah kalo beat ?

dhef said...

ini motor sangat irit, larinye kenceng dan juga tenaganye blehhh woaw bgt



visit pengusir tikus elektrik