Kartu menebak tanggal lahir

Buatlah kartu-kartu ini pada kertas yang agak tebal.



Potong menjadi 5 buah kartu.
Sekarang tunjukkan kartu-kartu itu pada temanmu dan katakan padanya bahwa kamu bisa menebak tanggal kelahirannya dengan kartu-kartu itu.
Mintalah temanmu menyebutkan pada kartu nomer berapa saja terdapat angka tanggal kelahirannya(contoh, jika tanggal kelahirannya 11, maka angka itu akan dia temukan ada di kartu nomer 1, 2 dan 4)
Sekarang tugasmu menebak tanggal kelahirannya.
Caranya?

Mudah saja, perhatikan kartu-kartu pilihannya, carilah angka yang paling rendah pada setiap kartu.pedomannya:

kartu 1 angka terendahnya 1
kartu 2 angka terendahnya 2
kartu 3 angka terendahnya 4
kartu 4 angka terendahnya 8
kartu 5 angka terendahnya 16

Jumlahkan semua angka terendah yang terdapat pada semua kartu pilihannya tadi, pasti ketebak deh...

contoh jika temanmu tanggal lahirnya 11, pasti dia akan menunjuk kartu nomer 1, 2 dan 4.dan kartu-kartu itu jika dijumlahkan tiap angka terendahnya (1,2 dan 8) akan berjumlah 11.

Akan lebih mengherankan temanmu jika kamu bisa menebaknya dengan tanpa melihat deretan angka-angka tersebut.
Caranya?

Dibalik setiap kartu secara samar buatlah tanda rahasia khusus yang hanya kamu yang bisa melihatnya dan letaknya, misalnya kartu 1 ditandai dengan 1 titik, kartu 2 dengan 2 titik dst..

Permainannya tetap sama, hanya bedanya caranya dengan menunjukkan kartu-kartu itu satu persatu pada temanmu, pegang kartu dengan membelakangi kamu, tunjukkan pada temanmu bahwa kamu tidak melihat angka-angka pada kartu-kartu yang dia pilih (hanya diam-diam kamu melihat permukaan belakang kartu-kartu itu, mencari titik-titik rahasia kamu dan jumlahkan segera angka-angka terendahnya yang sudah kamu hapal dalam hati).
Tebak dan buat temanmu bingung... :)

Tebak kartu ini lumayan buat iseng dari pada tawuran, siapa tahu teman-teman jadi terpesona, orangtua jadi geleng-geleng kepala ( ni anak kurang kerja'an), anak istri terkagum-kagum, atau calon mertua jadi meleleh, si do'i jadi terlena, dan siapa tahu mungkin bisa jadi modal awal buat nyaingi deddy corbuzier.

Ya ngga?

1 comment:

Sis Wanto said...

Kartu Penebak Tanggal Lahir ini sudah saya buat dalam powerpoint.
Silahkan download di http://mudah-mudahan-mudah.blogspot.com