Demam berdarah


Dr. Alan R. Tumbelaka, SpA(K)Divisi Infeksi dan Penyakit TropikDepartemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM
Artikel Majalah Anakku Januari 2006
" Dok, anak saya gak kena demam berdarah kan?" tanya Mira saat berkonsultasi dengan dokter anaknya sore itu. Anaknya sudah demam tinggi sejak kemarin malam dan Mira khawatir ini bukan demam biasa. Ibunya tadi malam sudah mewanti-wanti. "Buruan di bawa ke dokter, takut demam berdarah," temannyapun menasehatkan." Periksa saja trombositnya, jangan-jangan demam berdarah, sekarang lagi musim lho." Mira bertambah panik, apalagi setelah melihat siaran televisi bahwa banyak korban meninggal karena demam berdarah.
Mira kurang puas ketika dokter menjelaskan bahwa anaknya baru mengalami demam selama satu hari, jadi belum bisa dipastikan apakah anaknya demam berdarah atau tidak. "Dok, tidak apa-apa deh anak saya diperiksa darahnya,yang penting bisa ketahuan demam berdarah atau bukan."
Episode ini pasti sering terdengar di balik bilik konsultasi. Benarkah demam tinggi mendadak berarti demam berdarah? Mengapa ada kasus yang begitu berat hingga pasien meninggal dunia, tetapi mengapa pula ada yang ringan saja?Apakah trombosit turun sudah jaminan bahwa anak terkena demam berdarah?Demam berdarah disebabkan virus dengue sehingga disebut sebagai demam berdarah dengue (DBD). Virus dengue terdiri dari empat jenis atau strain yaitu denguetipe 1, 2, 3, dan 4. Virus ini dapat menginfeksi manusia lewat nyamuk Aedes Aegipty atau Aedes Albopictus. Nyamuk ini kakinya belang-belang putih-hitamdan mengigitnya justru di siang hari. Tidak semua orang yang terkena virus dengue akan mengalami demam dengan gejala berat, sebagian lagi hanya sakit ringan.
Mengenal lebih dalam demam berdarah
Sudah banyak teori yang coba menjelaskan mengapa pada anak yang satu bisa mengalami demam berdarah yang berat sedangkan pada anak lain tidak. Salah satu teori mengatakan, bila kita terinfeksi virus dengue 2 kali dengan strain yang berbeda, penyakit yang muncul akan lebih parah. Teori yang lain menyebutkan si virus dengue punya "sifat ganas" yang berbeda-beda. Ini menjelaskan mengapa pada bayi yang baru terkena virus dengue satu kali saja langsung menjadi demam berdarah yang fatal.
Di Indonesia dengan iklim tropis dan curah hujan tinggi, DBD sudah menjadi "langganan" setiap tahun. Angka kejadiannya paling tinggi pada musim penghujan yaitu sekitar bulan Februari, Maret, dan April. Di pedesaan, peningkatan kasus sudah mulai terjadi di bulan Desember, sedangkan untuk perkotaan, puncak terjadi pada bulan Mei-Juni.
GejalaBisa dimengerti mengapa Mira tidak puas mendengar jawaban dokter. Bila demam baru satu hari, demam berdarah memang sulit dibedakan dengan demam yang disebabkan penyakit lain seperti influenza, sakit tenggorokan, atau tipes karena gejalanya amat mirip.
WHO pada tahun 1997 telah membuat pedoman yang bisa membuat kita curiga adanya demam berdarah:
1.. Demam mendadak tinggi 2-7 hari 2.. Adanya gejala perdarahan, misalnya bintik-bintik merah di kulit yangtidak hilang meski kulit diregangkan, gusi berdarah, mimisan, dan tinja berdarah. Bintik-bintik merah di kulit bisa muncul sendiri atau dibuat muncul dengan uji bendung. Biasanya uji bendung dilakukan dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah yang digembungkan di seputar lengan hingga pembuluh darah tertekan. Bila positif, akan muncul bintik-bintik merah. 3.. Ada pembesaran hati. 4.. Terjadi syok: denyut nadi lemah dan cepat, tekanan darah turun, anak gelisah, tangan dan kaki dingin. 5.. Pemeriksaan laboratorium: trombosit turun dan terjadi kenaikan kekentalan darah. Ditandai dengan trombosit kurang dari 100.000/µl dan hematokrit meningkat 20% lebih tinggi dari normal.
Trombosit turun belum pasti demam berdarah Pemeriksaan Trombosit danhematokrit merupakan tes awal sederhana yang bisa membuat kita curiga adanya demam berdarah. Trombosit adalah sejenis sel darah yang diperlukan untukpembekuan darah. Jika nilainya turun, maka tubuh menjadi mudah berdarah seperti mimisan, gusi berdarah, dan sebagainya. Jumlah trombosit yang normal adalah sekitar 150-200.000/ µl. Ingatlah bahwa trombosit yang turun bisa pula terjadi pada penyakit lain seperti campak, demam chikungunya, infeksi bakteri seperti tipes, dan lain-lain. Pada demam berdarah, trombosit baru turun setelah 2-4 hari. Bila demam baru satu hari sedangkan trombosit sudah turun, patut dicurigai apakah laboratoriumnya yang salah, orang tua salah menghitung hari demam, atau penyakit itu bukan DBD.
Hematokrit menunjukkan kadar sel darah merah dibandingkan jumlah cairan darah. Untuk anak Indonesia, nilai Hematokrit yang normal adalah sekitar37-43%. Pada DBD, hematokrit meningkat. Lha kita kan tidak tahu nilai hematokrit anak sebelum sakit? Untuk mudahnya, ambil saja patokan bahwa nilai hematokrit lebih dari 40% dianggap sebagai meningkat. Apalagi kalau lebih dari 43%. Mengapa hematokrit meningkat? Karena terjadi perembesan cairan ke luar dari pembuluh darah sehingga darah menjadi lebih kental. Hematokrit yang meningkat merupakan hal penting karena dapat membedakan DBDdengan infeksi virus yang lain.
Untuk lebih pastinya, demam berdarah memerlukan pemeriksaan yang lebih khusus seperti menemukan virus dengue, atau uji reaksi antibodi dan antigen.
Pemeriksaan darah terlalu dini tidak banyak gunanya
Pemeriksaan darah yang dilakukan terlalu dini (misalnya demam baru satu hari) belum bisa memperkirakan apakah benar anak terkena DBD, karenatrombosit dan hematokrit masih normal. Bila demam telah berlangsung sekitar3-4 hari, barulah hematokrit meningkat dan trombosit mulai menurun. Terkadang, pemeriksaan ditambah pula dengan tes Widal untuk menyingkirkan tipes (seperti yang ditawarkan berbagai paket laboratorium), padahal ini belum diperlukan sebelum 7 hari.
Masa kritis
Prinsipnya, orang tua harus benar-benar menghitung hari, sejak kapan anaknya demam. Satu hari berarti satu hari penuh atau 24 jam setelah mulainya demam.Karena dengan begitu, bisa ditentukan kapan anak masuk dalam fase kritis yang merupakan momok mengerikan pada DBD. Pada DBD, demam biasanya akan turun setelah berlangsung 3-4 hari. Namun, justru pada saat demam turun anak dapat masuk ke masa kritis, atau sebaliknya sembuh tanpa komplikasi apapun.
Orang tua justru harus waspada pada saat demamnya turun. Pada anak yang masuk masa kritis, pada saat demam turun, ujung-ujung jari teraba dingin, denyut nadi kecil dan cepat serta tekanan darah menurun dan anak tampak lemas. Semua ini terjadi akibat cairan merembes ke luar dari pembuluh darah.Anak seolah-olah kekurangan cairan darah dan sirkulasi tubuh menjadi gagal berfungsi. Akhirnya anak mengalami syok. Tandanya, kulit teraba dingin terutama ujung jari dan kaki, biru di sekitar mulut, anak gelisah sekali dan lemas, nadinya lemah dan cepat bahkan bisa tidak teraba denyutnya.
Selain syok, dapat pula terjadi perdarahan. Yang paling sering adalah perdarahan saluran cerna, ditandai dengan buang air besar berdarah, akibat trombosit yang rendah ataupun karena syok yang berkelanjutan. Kedua keadaan ini memerlukan penanganan sangat serius dan intensif karena merupakan keadaan sangat gawat.
Namun, untungnya tidak semua anak yang terkena DBD akan mengalami hal yang seram tersebut. Sebagian besar anak akan cepat kembali normal dan sembuh seperti sedia kala setelah fase kritis ini lewat.
Apakah harus dirawat?
Penyebab demam kan belum tentu DBD? Jadi anak yang baru demam biasa selama1 hari tidak perlu dirawat di rumah sakit. Tapi ada catatannya: Orang tuaharus dapat memantau perkembangan penyakit anak di rumah dan kembali kontrolke dokter. Di rumah, anak harus dipastikan minum banyak cairan dan dipantau suhunya setiap hari. Dokter seharusnya meminta orang tua untuk datang kembali kontrol setelah demam berlangsung 3 hari, dan melakukan pemeriksaan Hemoglobin, trombosit dan hematokrit setiap hari berikutnya. Bila hasil laboratorium menunjukkan ada tanda-tanda penurunan trombosit(kurang atau sama dengan 100.000/µl) atau peningkatan hematokrit (lebih dari40%), barulah anak harus masuk rumah sakit.
Apalagi kalau setelah 3 hari demam tidak turun juga atau muncul gejala demam berdarah seperti mimisan, gusi berdarah, muntah, lemah, anak gelisah, jangan tawar lagi. Segera masuk rumah sakit.
Kapan anakku boleh pulang dari rumah sakit?
Perawatan demam berdarah tidak memerlukan waktu yang lama. Asalkan fasekritis sudah lewat, orang tua boleh lega. Umumnya, dokter memperbolehkan pulang bila anak sudah tak demam satu hari tanpa pertolongan obat, nafsu makannya membaik, anak tampak makin sehat, hematokrit membaik, trombositlebih dari 50.000//µl. Dan bila anak mengalami syok, dokter akan memulangkannya tiga hari setelah masa syok lewat.
MITOS DAN FAKTA DBD
Demam plus perdarahan sama dengan DBD (salah) Diagnosis DBD perlumemperhatikan kriteria WHO yaitu: ada demam tinggi, ada perdarahan, adapembesaran hati, dan perembesan cairan darah.
Bila uji bendung positif sudah pasti DBD (salah) Uji bendung bisa jugapositif pada penyakit lain, bahkan pada anak yang tidak sakit sekalipun.
DBD merupakan penyakit yang hanya menyerang anak-anak (salah) Semua umur(bayi hingga orang tua) dapat terkena DBD
DBD hanya menyerang orang yang tinggal di perumahan kumuh atau sosialekonomi rendah (salah) Semua orang dari kalangan mana pun bisa terkena DBD

1 comment:

Gerakan Nasional Cegah DB said...

Dukung Gerakan Nasional Cegah DB

FB Group:
http://www.facebook.com/group.php?gid=266457224101

FB Page:
http://www.facebook.com/pages/Gerakan-Nasional-Cegah-DB/433761825004

Twitter:
http://www.twitter.com/cegahdb/