Ipod Nano bisa meledak !

06/22/2008 Kejadiannya saat aku mencharge Ipod Nanoku pada PC computer di rumah, kebetulan Nisa sedang menyalakan computer untuk membaca komik Bleach di USB flashnya. Saat aku colok kabel charger Ipod, tidak ada yang aneh, walau di layar Ipod yang muncul ternyata gambar batere menandakan Ipod ku benar-benar dalam keadaan zero powernya dan sekarang sedang dlm proses pengisian. Biasanya kalau Ipod masih ada sisa powernya, gambar yang muncul adalah tampilan menu dan background screennya terang.Setelah kurang lebih 5 menit dalam proses charge, aku dan Nisa pergi shalat Isya, Ipod dan computer dibiarkan dalam posisi on. Saat aku sedang mau berdo’a diakhir shalat sementara Nisa keluar dari tempat shalat duluan mendadak terdengar suara mendesis dan sinar terang seperti ada kembang api yang dinyalakan didalam rumah. Bunda kebetulan melihat apa yang terjadi, dia teriak komputernya terbakar, aku langsung loncat dari sajadah namun sempat terpeleset dan menabrak Nisa yang berlari menjauh ketakutan, benar juga sekilas aku melihat ada percikan api di Ipodku dan asap keluar, namun api langsung padam sendiri saat aku bersiap hendak mencabut ipod dan kabel charger dari computer.Panasnya Ipod membuat aku tidak berani menyentuh Ipod yang kulihat sudah meleleh bagian depannya, aku cabut kabelnya, beruntung percikan api tidak mengenai Nisa maupun hordeng jendela depan, kalau sampai Ipod itu meledak sa’at sedang dipegang kemungkinan bisa menimbulkan luka bakar yang cukup parah.Panasnya besi dan plastic yang terbakar dari Ipod bertahan cukup lama, Ipodku dari bentuknya sudah tidak bisa diselamatkan lagi. Gosong bagian dalamnya. Beruntung komputerku tidak ikut rusak.
Bingung juga bertanya-tanya apa yang menyebabkan terjadinya ledakan seperti itu? Aku sudah memiliki ipod ini kurang lebih dua setengah tahun, tidak pernah ada masalah dengan Ipodku. Bagiku tidak masalah kalau Ipodku suatu waktu akan rusak atau hilang, tapi meledak sendiri saat discharge membuat aku jadi heran bukankah kalau gitu Ipod Nano adalah gadjet yang tidak aman buat konsumen, berbahaya karena setelah sekian tahun pemakaian pemakai harus siap-siap mendapati Ipod Nano kesayangannya tiba-tiba meledak, seperti bom waktu saja. Beruntung kasusku tidak menimbulkan kerugian yang lebih fatal, tidak seperti artikel yang aku temukan di internet tentang kasus serupa yang menciderai seorang remaja di Australia.Yah mungkin sudah waktunya ngga punya Ipod, padahal jika sedang naik motor menerjang macetnya jalanan, Ipod jadi teman yang paling ampuh menghindari stress.Semoga Allah nanti memberikan penggantinya yang lebih baik ya.

beberapa artikel dari internet tentang kasus serupa:



No comments: