Air Zam Zam





Air adalah unsur terpenting bagi kehidupan. Artinya, secara biologis, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Allah Ta'ala telah berfirman:

" Dan aku jadikan dari air segala sesuatu menjadi hidup. Adakah mereka tidak beriman." (QS. Al Anbiya': 30).

Air merupakan senyawa kimia dengan rumus H2O, artinya satu molekul air tersusun atas dua atom Hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom Oksigen.

Air merupakan pelarut penting yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Dan air adalah bagian terpenting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan sinar matahari untuk memisahkan atom Hidrigen dengan Oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan Oksigen akan dilepas ke udara. Karena itu air merupakan unsur yang tidak terpisahkan dari suatu kehidupan.

Sebagai suatu unsur yang sangat penting dalam kehidupan, ternyata air juga memiliki perilaku yang unik. seperti dijelaskan oleh Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang dalam bukunya "The Hidden Massage In The Water", air bersifat bisa merekam pesan seperti pita magnetik atau compact disk. Sebab sebagai benda mati ternyata air mampu "mendengar" kata-kata, "membaca" tulisan dan "mengerti" pesan.


Dr. Masaru Emoto dengan tekun melakukan penelitian terhadap perilaku air. Air murni diambil dari mata air di pulau Honshu. Setelah dibacakan doa secara agama Shinto, air disimpan dengan suhu -50 C di laboratorium, lalu difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi, terlihat molekul air membentuk kristal segi enam yang indah.

Percobaan diulangi dengan mengucapkan kata, "Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)" di depan botol air tadi, kristal kembali membentuk formasi indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan Jepang "Arigato", kristal masih membentuk keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata "Setan" kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal berbentuk bunga. Diperdengarkan heavy metal, kristal hancur.

Dr. Emoto keliling dunia, melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Perancis, Palestina, dan kemudian diundang oleh Markas Besar PBB di New York pada Maret 2005 untuk mempresentasikan penemuannya. Kesimpulannya adalah, bahwa air bisa menangkap pesan dan air bisa mentransfer pesan kepada molekul air yang lain. Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan, semakin dalam pesan tertulis dalam air.

Barangkali temuan ini bisa menjelaskan mengapa air yang diberi doa bisa menyembuhkan orang sakit. Dulu orang mengira hanya sekedar sugesti. Tetapi ternyata air dapat menangkap pesan doa kesembuhan kepada Allah Yang Maha Tinggi, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada dalam tubuh si sakit.

Dan barangkali temuan ini juga yang menjelaskan mengapa air Zamzam begitu berkhasiat. Zamzam menerima pesan doa jutaan orang selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim AS. Begitu besar khasiat air Zamzam, sehingga banyak keterangan yang menjelaskan tentang itu.

1. "Air Zamzam adalah berguna untuk apa yang peminumnya inginkan. Kalau sesorang minum supaya disembuhkan (dari penyakit), Allah akan menyembuhkannya. Jika seseorang meminumnya supaya kenyang, Allah akan membuatnya kenyang. Dan bila seseorang meminumnya untuk menghilangkan dahaga, maka Allah akan menghilangkannya."(HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

2. " Air Zamzam itu makanan bagi orang yang lapar dan sebagai obat terhadap penyakit."(HR. Ibnu Abi Syaibah).

Ada doa yang baik untuk dibaca ketika akan minum air Zamzam, sehingga apa yang kita niatkan saat minum air Zamzam dapat terkabul. " Allahumma inni as'aluka 'ilman nafian warizqon waasi'an wasyifa'an min kulli daa'in wasaqomin." (HR. Ibnu Majah dan Ad Daaruquthny). Artinya: " Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang luas dan obat dari segala macam penyakit." (HR. Ibnu Majah dan Ad Daruquthny).

Adapun adab (tatacara) meminum air Zamzam adalah sebagaimana dituturkan dalam haidts di bawah ini:"Abu Bakar berkata: "Saya duduk di samping Ibnu Abbas, datanglah padanya seseorang, lalu ia (Ibnu Abbas) berkata: "Dari mana engkau?" Ia (orang tadi) menjawab: "Dari Zamzam." Lalu ia (Ibnu Abbas) berkata: "Apakah engkau minum sebagaimana mestinya?" Ia menjawab: "Bagaimana itu?" Ia (Ibnu Abbas) berkata: "Jika engkau hendak minum air Zamzam maka menghadaplah ke arah kiblat, sebut nama Allah, nafas tiga kali. Penuhilah perutmu dengan air Zamzam. Jika engkau telah usai (meminumnya) maka ucapkanlah alhamdulillah. Karena sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya (yang membedakan) antara kita dengan mereka (orang munafiq), mereka tidak mau memenuhi perut mereka dengan air Zamzam."(HR. At Turmudzi. 3061).

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua, dan memperoleh barokah melalui air Zamzam. Oleh : J. Irfan.

-----------------------

*Air Zamzam dan Keanehannya.


Air apa di dunia ini yang lebih hebat dari air zamzam? Yang bisa bertahan dan terpelihara selama ribuan tahun dan bisa mengeluarkan puluhan juta literair dari sumurnya yang kecil serta airnya tak pernah kering selama ribuan tahun.
Kandungan airnya juga mempunyai daya mematikan kuman, selain berkhasiat untuk mengatasi kehausan, kelaparan dan penyembuhan penyakit. Dan masih banyak khasiat lainnya.
Berapa banyak sih air zamzam yang dikonsumsi manusia setiap musim hajinya?
Jamaah haji Indonesia saja ada 205 ribu orang. Kalau setiap orang menenteng 5 liter zamzam ketika pulang ke tanah air, itu berarti sudah 1.025.000liter. Selain itu, di Mekah jemaah bebas minum air zamzam.
Seandainya jamaah rata-rata menghabiskan satu liter zamzam dalam sehari, maka seluruh jemaah haji Indonesia memerlukan 6 juta liter! (selama menginap30 harian di Mekah). Jadi totalnya diperlukan 7 juta liter zamzam dalam satu musim haji. Sementara jemaah haji Indonesia ini hanya 10 persennya saja dari dua jutaan jemaah seluruh dunia.
Padahal sumur Zamzam itu hanya punya kedalaman air 30 meter dengan diameter sumur berkisar antara 1,46 meter hingga 2,66 meter. Penelitian menunjukkan, mata air zamzam bisa memancarkan air sebanyak 11-18 liter air per detik. Dengan demikian, setiap menit akan dihasilkan 660 liter air.
Itulah yang mencengangkan.

Air Zamzam yang ajaib.
Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa, terbukti bahwa zamzam memang lain. Kandungan airnya berbeda dengan sumur-sumur yang ada disekitar Makah.
- Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding sumur lainnya, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.
- Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.
- Yang juga menakjubkan adalah, tak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman.
- Anehnya lagi, pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur zamzam tetap berair. Dan zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman.
Beberapa ulama fikih merekomendasikan agar jamaah haji membawa zamzam ketika pulang ke negaranya sebab zamzam itu bisa sebagai obat untuk suatu penyembuhan.
"Air zamzam adalah (berguna) untuk apa yang peminumnya inginkan. Kalau seseorang minum supaya disembuhkan (dari penyakit), Allah akan menyembuhkannya. Jika seseorang meminumnya supaya kenyang, Allah akan membuatnya kenyang. Dan bila seseorang meminumnya untuk menghilangkan dahaganya, maka Allah akan menghilangkannya. (HR Ahmad dan Ibnu Majah).
Dan ini terbukti, banyak jamaah dari Indonesia maupun negara lain yang pernah merasakan keajaiban air zamzam.
Dimana Kita Dapatkan Air Zamzam?
Tempat sumur zamzam itu kini sudah ditutup. Namun jemaah tak kesulitan untuk mendapatkan air zamzam di setiap sudut masjid. Air zamzam disediakan dalam termos-termos besar dengan gelas plastik sekali pakai. Setiap jamaah yang datang ke Masjidil Haram akan dapat minum air zamzam kapan pun diinginkan karena Masjidil Haram buka selama 24 jam penuh.
Di Mesjid Madinah dan tempat-tempat ziarah pun sudah disediakan air zamzam dengan gratis. Dan jangan khawatir, saat Anda pulang ke Tanah Air bakal dibekali dengan 5 liter air zamzam.
Manfaatkan dan perlakukanlah air ajaib ini dengan hormat.

Sumber: Buku "Tips Praktis Umrah dan Haji"
http://elhalimz. blogspot. com

No comments: