Tyas Jualan




September 16, 2008. Mungkin setelah melihat abang abang di sekolahnya jualan fotokopi gambar-gambar kartun untuk diwarnai dan laku banyak yang beli, tyas terinspirasi dan mendadak minta abahnya fotokopi gambar-gambar mewarnai buat dia, dia mau jualan sama teman-temannya...! jualan???semangat sekali tyas bertanya sudah dibuatkan belum, abah menjelaskan kalau abah mesti ke kantor dulu karena file-filenya ada di kantor, nanti abah print kan untuk dia.hari senin abah printkan beberapa buat dia, dan pulang kerja diserahkan padanya.

esok harinya tyas benar-benar membawa fotokopian itu ke sekolah, buat jualan katanya..bunda kagum sama jiwa dagangnya tyas, berani dan inisiatif.bunda bilang tanya dulu sama abang penjualnya berapa dia jualnya perlembar, jadi tyas bisa jual lebih murah. eh bener tyas langsung nanya abang penjualnya.

sorenya abah dan bunda pulang kerja tyas laporan, ternyata jualannya terjual banyak. teman-temannya pada beli, dari kelas satu, dua bahkan kelas tiga.dia dapat 17.000 rupiah!!!! hebat banget.....!!anak sekecil itu bisa jualan dan dapat lumayan banyak..katanya banyak yang beli figur ben10, tapi ada juga yang suka sama barbie dan teletubbies.bagus.. bagus... uangnya recehan 1000 an banyak di genggamannya.

besoknya dia jualan lagi.....

sorenya dia laporan lagi, dia dapat 12.000 rupiah. tapi kali ini dia kena tegur ibu gurunya... hahaha... ternyata dari kemarin sebenarnya gurunya sudah melarang tyas jualan di kelas.. mungkin jadi mengganggu belajar.kasihan tyas, semoga dia ngga patah semangat. itulah hidup, harus berjuangan untuk mendapat sesuatu. kadang sesuatu yang kita anggap bagian dari pendidikan juga dimata orang lain malah dianggap beda.

tapi abah tetap kagum sama tyas, dia berani, inisiatif dan smart.2 hari jualan dapat 29.000 rupiah, tyas bilang uangnya ditabung dulu buat berenang nanti setelah usai bulan puasa.

No comments: