Nyanyian berbahaya, Larangan bersumpah dengan nama (demi) selain Allah


I swear by the moon
and the stars in the sky I'll be there
I swear like the shadow that's by your side
I'll be there

For better or worse
Till death do us part
I'll love you with every beat of my heart
And I swear ..

Asyiknya menyenandungkan lagu I swearnya all 4-one...
tapi mendadak saya mikir kok arti lagu ini agak aneh ya...
kalau diartikan dalam bahasa Indonesia lagu ini liriknya berbunyi..

saya bersumpah dengan nama bulan dan bintang di langit saya akan datang
saya bersumpah seperti bayangan yang selalu ada disisimu

waduh... bahaya juga ini lagu..
walau kelihatannya sepele, tapi saya takut salah
saya langsung berhenti menyanyikannya..
lebih aman nyanyi lagu lain ahh...

'tak gendong kemana mana... wakakakak....' (crazy..sigh)

_________

Larangan Bersumpah dengan Nama (Demi) Selain Allah.


Diriwayatkan dari Sa'ad bin ‘Ubaidah ra, ia berkata bahwa Ibnu ‘Umar ra mendengar seorang laki-laki berkata dalam sumpahnya: "Demi Ka'bah!" Ibnu ‘Umar berkata kepadanya, "Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw bersabda: ‘Barangsiapa bersumpah dengan nama selain Allah, maka ia telah kafir atau berbuat syirik.”

Masih dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Setiap sumpah yang diucapkan tidak dengan nama Allah, termasuk perbuatan syirik."

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra, bahwasanya Rasulullah saw bertemu dengan ‘Umar bin al-Khaththab ra yang sedang berjalan bersama rombongan, beliau mendengarnya bersumpah atas nama ayahnya. Rasulullah saw bersabda: "Ketahuilah, sesungguhnya Allah melarang kalian bersumpah dengan nama bapak-bapak kalian. Barangsiapa bersumpah, hendaklah ia bersumpah dengan nama Allah atau sebaiknya ia diam." (HR. Bukhari : 6646 dan Muslim : 1646)

‘Umar berkata: "Demi Allah sejak aku mendengar sabda Rasulullah itu, aku tidak pernah bersumpah dengan selain nama Allah, baik menyebutkannya langsung ataupun menukil ucapan orang."

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Bahwa Rasulullah saw bersabda: "Janganlah kalian bersumpah dengan nama bapak atau ibu kalian dan jangan pula bersumpah dengan nama selain Allah! Serta janganlah kalian bersumpah kecuali dengan nama Allah! Dan janganlah bersumpah dengan nama Allah kecuali kalian harus jujur (di dalamnya)!"

1 comment: