Belajar sama semut

Kemarin ada yang menarik perhatian saya di ruang makan, bunda menemukan isi botol minum saya ada benda anehnya mengapung di permuka'an air minum.
sepertinya kotoran.... tapi waktu abah lihat lebih teliti lagi.. rupanya semut kecil.... iya, gudukan semut kecil mungkin ratusan ekor mengapung di air minum abah.
Biasanya saya suka bawa sedikit air minum di botol kaca bekas minuman supplement YOUC1000, kalau diperjalanan pulang kerja atau lagi menunggu jemput bunda pulang kerja abah kehausan air sudah punya. Abah tidak terlalu suka botol plastik karena mencoba mengurangi sampah plastik saja, lagi pula konon botol plastik kalau sudah beberapa kali digunakan sudah tidak baik lagi dipakai.
kebetulan mungkin kemarin abah lagi iseng bawa isi Sprite abah pindahin isinya ke botol kaca itu, waktu habis ngga dicuci ditaruh saja di atas laci.
mungkin saat itulah semut mengendus yang manis-manis lalu entah gmana caranya tuh semut bisa kroyokan masuk kedalam botol yang tertutup (mungkin nutupnya ngga kencang ya?) lalu berenang-renang didalamnya... bapa semut, ibu semut, anak semut, kakek semut, nenek semut, cucu semut, tetangga semut...
yang bikin abah kagum adalah cara semut survive atau selamat dalam kondisi berenang-renang di air minum itu... (ini teori abah lho.. belum tentu benar) mereka berusaha saling membantu satu sama lain, berkumpul satu sama lain menjadi satu gundukan besar isinya semut... yang kalau diperhatikan efektif membuat semut-semut itu tidak ada yang sampai mati tenggelam.
semut-semut itu (mungkin) saling bergantian naik kegundukan dan rombongan lainnya menopang di bawah. bergantian..
semut memang dari dulu terkenal hewan yang senang gotong royong saling bantu membantu... kayaknya melihat sifat-sifat mereka, sebagai manusia yang merasa lebih sempurna segalanya.. abah merasa malu.......

Tuh... belajar dong sama semut...
Saling tolong menolong bantu membantu rukun satu sama lain.. bagus kan?





No comments: