Contreng yukk....!!


Tanya jawab penting ngga penting seputar Pemilu.

Emang ada Pemilu gitu? Kok gue ngga tahu?
Ampiyun.. deh… not cool banget! 9 April untuk legislative… nanti juli untuk presiden…. Kalu ada putaran kedua… September lagi! (Asyiiiiik… banyak libur dong….)

Kok sampai sekarang belum dapat kartu pemilih ya?
Iya… untuk berhemat dan tidak menebang hutan, Pemilu 2009 emang kaga pake kartu pemilih cuy! Jadi sementara ini cukup punya kartu kredit atau kartu perpustakaan ya!!

Bagaimana inyong tau bisa milih atau ngga? Trus milihnya di TPS mana rek?
Paling lambat hari Senin (6 April) nanti teman teman akan terima surat undangan, disitu akan disebut TPS mana teman bisa memilih-cari tau lokasinya sebelumnya, ingat kita ngga bisa milih disembarang TPS loh. Kalau sampai belum dapat undangan boleh hubungi pak RT untuk minta. Kalaupun tidak ada undangan atau undangannya hilang dimakan si guk guk… teman bisa datang aja ke TPS yang sudah disiapkan. dengan bawa KTP/identitas. Poko’e selama sudah terdaftar di DPT anda bisa memilih J

Nah taunya inyong udah ada di DPT gimana? DPT binatang apaan sih?
DPT itu daftar pemilih tetap…. Son bisa lihat nama Son ada ngga… nanti ditempel son.. didepan TPS!!! Pak RT atau ketua KPPS juga udah ada kopinya kalu Son ngga sabar!!

Jam berapa enaknya milih ya man?
Terserah aja… TPS buka mulai jam 7 sampai jam 12. Saran gue … mendingan pagi.. jam 12 udah tutup tuh TPS…biar ngga gerah juga toh man!?

Proses milih di TPS gimana ya?
Antri di pintu masuk-jangan lupa gaya and remain cool!
Kasih tuh surat undangan (jangan lupa ya) ke petugas reception (kebanyakan bapak-bapak dan tentu mereka tidak secantik receptions di hotel2 unfortunately)-dia akan ngecek mas dan mbak betul ngga terdaftar disitu-jangan jangan palsu surat undangannya.
Duduk ditempat antrian-sambil TP juga boleh
Pak ketua TPS akan manggil, ngasih surat suara terus mas dan mbak langsung ke bilik suara-contreng pilihan di tiap surat suara (jangan lupa berdoa dulu!!)-lipat yang manis supaya pilihan teteup rahasia-ciri lipatan yang benar tanda tangan pak ketua yang kelihatan diluar.
melenggok ke kotak suara-hati hati pas masukin jangan ketelingsut-masing masing surat ada kotaknya sendiri loh!
jalan keluar deh-dipintu jangan lupa celupin kelingking kiri pada tinta-kalu mau bisa minta dipandu petugas yang jaga. (Awas jangan kucek mata abis ini ya…mata perih dan muka bisa coreng moreng!)
keluar deh sana

Cara nyoblosnya gimana sih?
Aduh neng… sekarang sih caranya di contreng…. Bisa:
Contreng di nama partai atau gambar partai aja
bisa contreng di nama partai atau gambar DAN calon yang diidamkan
bisa contreng di calon yang diidamkan doing
Kalu untuk DPD tinggal di contreng di kotak gambar dan nama calon yang eneng suka!

Wah… tadi latah surat suaranya kecoblos, sah ngga nih?
Gimana sih latah kok dipiara—kalu eneng teteup ngotot mau coblos… teteup sah kok neng!! Kalu contreng kurang afdol… eneng juga bisa coblos… silang….atau buat Garis datar…di kolom partai dan atau nama calon… yang penting voting intentionnya jelas… ngerti ngga son?

Emang kertas suara segede Gaban ya bow?
Transformer lah Mak… Gaban udah pension kaleee!!! Kalu mau tau besarnya… pergi noh ke kelurahan… ada contohnya Mak…. bukan ke KFC ya… yuuk!

Nyoblosnya berapa kali gitu ya?
Ya ampuun…. Nyontreng kali!! Catat… nyontreng!!! Walau nyoblos juga sah sih… tapi nyontreng aja ya…. eniwei… nanti kita yang di Jakarta akan terima 3 surat suara: DPD (ini individual non partisan gitu), DPR (nasional) dan DPRD Provinsi. Kalu nyontrengnya di luar DKI… maksudnya buat kita kita yang tinggal didaerah lebih asri gitu…. Akan ada 4 surat suara karena kita juga memilih DPRD kabupaten kota.

Partai mana yang musti dicoblos ya?
Ya itu terserah elo aja… pikir matang matang baik buruknya… I love you no matter which party you vote for!!

Terus harus milih calegnya juga ya?
Milih partai doing juga bisa… tapi sebaiknya sih tentukan juga wakil mana yang elo mau… kalau bingung pilih caleg perempuan aja kali? Terserah aja lah…

Wah… gue terdaftar di ujung berung… padahal setelah menang lotere sekarang tinggal di pondok indah, gimana nih…musti balik ke jonggol??
Terserah aja kalu mau balik ke ujung berung pas pencoblosan…… bisa juga kesana sekarang… lalu minta surat pengantar yang namanya form A5 bisa di PPS kelurahan atau PPK kecamatan… isi deh tuh surat pengantar… terus pas 9 april datanglah ke TPS tempat tinggal sekarang mendekati jam 12… karena pemilih pindah tempat ini bisa nyoblos dengan syarat emang masih ada surat suaranya alias belum kehabisan!!!
Dicky Dooradi
Development Assistance Specialist
Elections and Political Processes

No comments: