Kenalkan komputer dan internet kepada anak sejak dini



"Kenalkan Komputer dan Internet Kepada Anak Sejak Dini"

Kehandalan komputer selain menyimpan berbagai manfaat dibalik itu juga menyimpan beragam efek samping bagi anak-anak.

Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung pada pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan maka pengaruhnya bisa negatif, sebaliknya komputer akan banyak memberikan manfaat bila dipergunakan secara bijak.

Sisi negatif penggunaan komputer jangan juga diabaikan, salah satunya adalah kemungkinan anak "mengkonsumsi" games yang menonjolkan unsur kekerasan. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa gemes berunsur kekerasan adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.

Kemampuan anak untuk mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi negatif yang membanjiri internet.

Mengajarkan komputer dan internet kepada anak merupakan suatu keputusan yang bijak dari orang tua, tapi untuk mencegah dampak negatifnya ada

beberapa hal yang harus dilakukan orang tua, yaitu :

1. Perkenalkan komputer dan internet pada anak sejak dini sebatas manfaat dan tujuannya.

2. Jika orang tua tidak sempat mengawasi atau mengontrol ketika anak menggunakan komputer atau internet, maka segera install komputer anda dengan software-software proteksi terhadap akses-akses berbau seks dan kekerasan, seperti nany chip atau parents lock.

3. Letakkan komputer diruang keluarga (ruang publik) untuk mempermudah orang tua dalam hal pengawasan.

Disinyalir bahwa kecanduan anak terhadap komputer dan internet memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas sosial. Untuk itu maka bimbinglah selalu anak ketika berada didepan komputer dan tentukan waktu-waktu yang tepat bagi anak untuk berinteraksi dengan komputer dan penjelajahan di internet.

No comments: