Upload Privat Data ke Facebook


Informasi ini saya yakin masih banyak yang belum tahu , dan saya rasa
sangat penting buat anda pengguna facebook mengetahui kemungkinan/akibat
yang bisa terjadi dari mengupload data ke facebook. Tentu hal ini perlu kita
perhatikan sebab di jaringan saya sendiri saja banyak kawan-kawan yang
menulis puisi, artikel dan mengupload foto-foto yang mereka punya. Saya
yakin tentunya mereka tidak pernah memikirkan apa kemungkinan yang bisa
terjadi dari aktifitas mereka itu !

Anda pengguna facebook mungkin akan bertanya-tanya apa yang sedang saya
bahas di tulisan kali ini, namun saya yakin artikel ini bisa bermanfaat
untuk pengetahuan anda terutama pengguna facebook.

inilah kutipan informasi tentang facebook yang mas Arief Maulana berikan ke
saya .

“Nah berikut adalah kekeliruan yang terjadi:
Beranggapan bahwa semua posting kita di Facebook account kita seakan-akan
adalah milik kita sendiri secara personal! Ini adalah salah besar!
Memang benar kita bisa mengkontrol siapa yang bisa akses terhadap postingan
tersebut…!!!!!! Memang betul kita bisa mengatur siapa yang bisa baca blog
personal kita, siapa yang bisa lihat photo kita dan sebagainya.

Tetapi apapun yang sudah upload ke Facebook sudah menjadi hak milik
(property) dari Facebook. Facebook berhak melakukan apa saja terhadap isi
yang sudah kita upload. Jika kita upload photo anak-anak kita. Maka suatu
ketika ada iklan produk bayi yang photonya anak kita … ya.. jangan kaget.

Kalau para bajul upload photo bugil dan kinky dan meski hanya diset yang
bisa akses diri sendiri, jangan kaget kalau photo itu suatu saat muncul
dalam bentuk iklan kondom. Kok bisa? Ya bisa! Karena Facebook punya hak
menjual semua isi Facebook.

Makanya, jangan posting sesuatu yang isinya benar-benar private. Jangan post
photo keluarga, photo anak-anak, dsb yang punya nilai kenangan. Jangan post
sesuatu yang punya nilai hak cipta milik anda.

Misalnya ada yang mengarang buku lalu post di Facebook. Facebook berhak
menjual buku anda! Karena dengan post di Facebook anda menyatakan itu milik
Facebook! Satu hal lagi yang crucial adalah: Kalau anda post sesuatu di
facebook lalu menghapusnya, jangan berpikir bahwa anda sudah benar-benar
menghapusnya. Apa pun yang sudah di post di facebook itu sudah menjadi milik
facebook dan mereka simpan. Kalau anda menghapus, itu hanya menghapus access
di account anda saja. Physically, postingan anda still there…….!”

yah, itulah kutipan artikel yang membuat kaget, saya benar-benar kaget !
meski tidak terlalu banyak mengupload foto maupun data, tetap saja saya
merasa riskan. Bayangkan jika foto-foto saya di publikasikan untuk menjual
produk yang tidak baik (misal minuman keras dan sebagainya). Bukannya “geer”
tapi siapa tahu, bahkan banyak dari kawan-kawan yang menulis artikel (note)
yang berpotensi jadi artikel bagus, tentu sangat disayangkan! Terlebih jika
anda mengupload foto-foto vulgar anda sendiri, bayangkan jika itu
dipublikasikan di dunia internet!

Beda jika kita memiliki web sendiri semisal http://www.strategiusaha.com
yang bisa saya kelola sendiri. Untuk mencegah pengguna facebook salah
langkah, tulisan ini juga saya posting di http://mjumani.blogspot.com dengan
harapan bisa memberikan informasi buat anda pengguna facebook yang belum
mengetahui informasi ini.

Mungkin inilah kelemahan kita, cenderung konsumtif dan suka ikut-ikutan
trend. Sehingga saat facebook yang kerennya disebut FB booming kita segera
ikut-ikutan tanpa membaca lebih lanjut peraturan dan persyaratannya, mungkin
karena berbahasa inggris sehingga kita malasa membacanya atau karena memang
tidak mengerti (seperti saya).

Yang terpenting adalah kita tidak mengulangi kecerobohan yang telah kita
buat, karena seperti kutipan diatas, kita tidak bisa berbuat apa-apa sebab
meski dihapus akun kita, sebenarnya yang dihapus adalah akses akun saja
bukan data-datanya.

oleh M. jumani

No comments: