Berburu hamster di jatinegara

Sehabis lebaran, tyas dapat uang cukup banyak sampai 400 ribu lebih dari hasil saweran. Dia mau beli HP katanya.. dan hamster..!
Akhirnya pagi ini abah dan tyas meluncur naik motor cari hamster. Kebetulan makanan burung puyuh juga sudah habis dan mau beli satu kandang lagi buat mereka karena selama ini mereka disatukan dalam satu kandang sering terjadi huruhara, ngga tau berantem atau lagi bikin baby.. yang dampaknya bulu2 mereka pada rontok, sehingga kini mereka jadi kelihatan aneh.. burung puyuh gundul…
Pertama abah dan tyas ke pasar pramuka dulu, siapa tahu disana ada yang jual hamster. Ternyata disana sesuai namanya, pasar burung pramuka.. kebanyakan yang dijual ya burung ayam dan sebangsanya. Ada sih yang jual hamster, tapi mintanya 35rb satu ekor, katanya sih hamster jenis mahal.. tapi abah sama tyas ngga terlalu mentingin jenis mahal atau ngga, yang penting hamster yang cute.. murah meriah dan sehat. Hamster yang dijual disini kayaknya lemas lemas, seperti sakit kurang udara atau sinar.. atau kurang makan.. warnanya juga hitam semua. Tidak menarik lah. Abah ngga jadi beli, abah bujuk tyas cari ditempat lain saja.
Pasar pramuka tetap seperti dulu, gelap, kumuh, tidak teratur… masuk kesitu seperti masuk ke dalam sarang burung raksasa, bau, dan ada rasa khawatir kena flu burung..!
Akhirnya setelah beli makanan ayam 10rb rupiah, abah dan tyas cabut dari situ. cuma tahan 10 menit disitu.
Berdua meluncur ke pasar jatinegara. Sampai disana 5 menit karena jalan sangat sepi Jakarta masih ditinggal penduduknya mudik lebaran. Parker motor dipinggir jalan disitu.. Ternyata walau masih suasana lebaran, pasar satwa di jatinegara malah justru tetap ramai peminatnya.. yah yang namanya hobby, pasti ada saja orang yang datang, mungkin malah karena saat saat sekarang ini banyak anak-anak yang pada punya uang banyak, maka banyak anak-anak yang datang, mereka diantar orangtuanya mau beli binatang peliharaan kesini. Sama seperti tyas contohnya.
Walaupun agak becek jalan masuknya karena pedagang ikan justru ditempatkan di bagian depan mulut gang.. tapi berkunjung ke pasar satwa jatinegara tetap mengasyikkan. Disana bisa ditemui hampir semua binatang yang bisa dipelihara di rumah, seperti berbagai jenis ikan hias dari mas koki, ikan koi, ikan lele, ikan laut dll, lalu ada kura-kura dari yang kecil sampai yang segede bola kaki. Ada juga yang jual kelinci, monyet, kucing hutan, marmut, kelalawar, tupai, musang, jangkrik, berbagai macam burung dari kutilang, nuri, betet, kakatua, merpati, perkutut sampai burung hantu juga ada. Juga bermacam-macam pernak pernik perlengkapan memelihara ternak seperti kandang burung, aquarium, makanan ternak dsb.
Dan yang paling penting tyas bisa menjumpai pedagang hamster disitu dan hamsternya juga lucu-lucu dan lincah-lincah. Banyak lagi. Malah ada satu hamster yang hobby loncat salto kebelakang tapi tyas ngga berani pilih hamster yang satu ini karena kelihatan agresif, takut digigit.
Setelah negosiasi harganya sama abangnya akhirnya dikasih 50ribu plus kandangnya. Pilih spasang cewek cowok.
Not bad lah habis mau nawar segimana lagi… tyas juga suda suka dan dia memberikan uang 20 ribunya pada abah buat beli. Abah ‘hanya’ menambah 30rb buat beli pasangannya dan kandangnya… :P
Tyas happy sekali kelihatannya..
Setelah abah beli kandang burung dan tempat minum. Abah mengajak tyas pulang
..

foto2nya:



tyas sedang bercanda dengan kelinci







tyas bilang kakak pasti suka burung hantu.. karena kakak suka film horror dan harry potter.










ini dia yang dicari


akhirnya dapat juga... :)

1 comment:

bety said...

berburu hamster..
tapi cory..
ogut qo liad banyak banget hewan2 langka dan dilindungi yang dijual ya???
>.<