Jangan pernah bawa Dry Ice di dalam mobil


Saya punya pengalaman tak terlupakan baru tadi siang, di tol jkt-bekasi,bawa ice cream, dan diisi/diselip dgn dry ice supaya tidak lumer di jalan, lumayan sedikit, hanya 4 carton ice cream... dan ditaroh di dalam mobil jok belakang. Saya menggunakan AC dan tutup kaca spt biasa.
Sejak masuk tol, saya masih nelpon temen dan ngobrol, selanjutnya setelah itu, sepanjang perjalanan saya mulai agak susah bernapas, dan saya pikir hanya karena buru2 dan ngos2an. Tapi bingung juga kok sudah sejauh ini jalan, masih tetap ngos2an, dan semakin lama napas saya bukannya makin enteng malah makin susah bernapas, semakin berat dan cepat menarik dan membuang napas.
Hal itu terus berlangsung dan terus semakin dan semakin susah bernapas, semakin berat dan semakin cepat menarik/membuang napas. Dan menjelang pintu tol Jatibening, jalanan macet dan merayap, saya semakin susah dan berat bernapas dan hampir tidak kuat bertahan lagi, untung saja kebetulan saya melihat ambulance jalan tol, di lajur kiri yang juga merayap, dan saya berhenti minta tolong kpd mereka, dan kemudian saya ditolong dgn oksigen, duduk sebelah sopir, dan mobil disopiri tenaga medis dan saya dibawa ke arah RS. Mitra Bekasi. Ambulanmengikuti.
Menjelang pintu tol Bekasi Barat, jalanan macet juga dan merayap,tenaga medis yang menyopiri saya merasa udara dalam mobil kurang bagus dan merasa agak susah bernapas juga, namun dia kemudian membuka kaca mobil hingga sampai di RS. Di RS sang tenaga medis memberitahukan saya bahwa kemungkinan AC atau knalpot mobil bocor dan memperburuk udara dalam mobil, sehingga membuat dia sesak napas juga sepanjang perjalanan ke RS.

Di RS, saya dibantu dgn oksigen dan dicek jantung.. Jantung dll ok, dannapas juga kembali normal. Kesimpulan sementara: "something wrong with the car!" Setengah jam di RS, Dr mengijinkan saya pulang. Karena merasa mobil tidak beres, saya balik ke kantor tanpa AC dan kaca dibuka.
Sesampai di kantor, baru saya ketahui dari teman yang sudah pengalaman bahwa: "Dry Ice lah yang membuat saya sesak napas karena dry ice nya ditaroh di jok belakang (dalam mobil), sementara jika ditaroh di bagasi enggak apa2."
Saya ingin share pengalaman ini kepada semua teman2 yg belum pernah mengalami hal ini agar kejadian ini jangan sampai berulang pada mereka yang tidak/belum mengerti. Namun alangkah baiknya jika kita semua yg tidak mengerti diberikan pengetahuan/ pencerahan oleh bpk2/ibu2 yang mengerti tentang mekanisme proses kimia: "Mengapa dry ice dapat membuat kita sesak napas di dalam ruangan mobilyang ber AC?"
Jadi Dry Ice itu CO2 (zat asam arang = sisa pembakaran oksigen/zatasam) yang jauh lebih mudah diikat oleh darah), makanya walaupun bentuknya dan dinginnya mirip es tapi pada suhu ruangan langsung menyublim jadi gas tanpa basah (karena memang tidak berair).
Yang terjadi di mobil itu adalah Dry ice di kabin mobil menyublim dan gas CO2 yang terjadi memenuhi kabin serta ikut sirkulasi AC mobil. Akhirnya kabin penuh CO2 sehingga supir sesek nafas. Untung saja gak meninggal.
"Jangan sekali-sekali bawa dry ice di kabin mobil penumpang", bawalah selalu dalam mobil cool-box yang terisolasi/terutup rapat.

Dry Ice Safety


What is Dry Ice?
Dry Ice is frozen carbon dioxide. Unlike most solids, it does not melt into a liquid, but instead changes directly into a gas. This process is called sublimation. The temperature of dry ice is around -109° F! It melts very quickly so if you need dry ice for an experiment or project, buy it as close as possible to the time you need it.


Dry Ice Safety Rules:
1) KIDS: Never use dry ice without adult supervision. Dry ice can cause serious injury if not used carefully!!!
2) Never store dry ice in an airtight container. As the dry ice melts from a solid directly into a gas, the gas will build up in the container until it bursts. Sharp pieces of container will go flying all over the place. Make sure your container is ventilated!!! The best place to store dry ice is in a styrofoam chest with a loose fitting lid.
3) Do not touch dry ice with your skin! Use tongs, insulated (thick) gloves or an oven mitt. Since the temperature of dry ice is so cold, it can cause severe frostbite. If you suspect you have frostbite seek medical help immediately.
4) Never eat or swallow dry ice! Again, the temperature of dry ice is very, very cold. If you swallow dry ice, seek medical help immediately.
5) Never lay down in, or place small children or pets in homemade clouds. The clouds are made of carbon dioxide gas! People and pets could suffocate if they breathe in too much gas.
6) Never place dry ice in an unventilated room or car. If you are traveling with dry ice in the car, crack a window open. Same rule applies if you are in a small room, crack a window open. You do not want too much carbon dioxide gas to build up around you.
7) Always wear safety goggles when doing experiments with dry ice.
8) Do not place dry ice directly on countertops. The cold temperature could cause the surface to crack.
9) Leave the area immediately if you start to pant or have difficulty catching your breath. This is a sign that you have breathed in too much carbon dioxide gas.
10) Do not store dry ice in your freezer. It will cause your freezer to become too cold and your freezer may shut off. However, if you lose power for an extended period of time, dry ice is the best way to keep things cold!


Disposing of Dry Ice:
To dispose of dry ice, place in a well ventilated container and take it outside where small children and pets cannot reach it. Simply let it sublimate away!

No comments: