Permuka'an DVD hilang?

Dari tumpukan koleksi film DVD di dalam kardus, saya membuka beberapa diantaranya..sudah lama ngga nonton film saking sibuknya dan mengurangi lahan..
saat dibuka ada beberapa DVD yang tidak bisa saya putar, DVD player tidak mengenali alias ada message "no disk" nya.
aneh juga.. masak sih rusak? kayaknya cuma sekali diputar dan ngga pernah dipinjamkan..
saya perhatikan permuka'an DVD nya melihat kalau ada yang baret atau kotor.. nah, tambah aneh lagi...
beberapa DVD saya perhatikan permuka'annya seperti menjadi lebih bening dari biasanya.. seperti hilang permuka'an lapisan filmnya.
lapisan yang biasanya berwarna ke emasan berubah menjadi transparan seperti tidak ada pelapis sama sekali. lapisan gambar/label film DVDnya sih masih utuh.. aneh juga?
apa iya lapisan DVD nya rontok? saya cari di dasar bungkus plastiknya tidak ada serpihan2 DVD kalau memang itu rontok.
apa iya DVD 'Bajakan' setelah beberapa lama nantinya, ngga bisa diputar lagi karena permuka'an filmnya mendadak menguap???
wah, mesti diperiksa satu2 koleksi DVD saya nih, tapi gak sempat waktunya..
barangkali ada yang punya pengalaman yang sama??

gambar:

Permuka'an film DVD menjadi transparant? DVD tidak bisa diputar lagi.

Permuka'an DVD yang normal masih bisa diputar.

sampul DVD normal, tidak ikut rusak.





26 Mei 2009, setelah ada waktu untuk memeriksa beberapa koleksi DVD saya, benar saja, saya menemukan CD-CD yang bermasalah sama... hilang permuka'an filmnya.
terpaksa saya buang.

3 comments:

Anonymous said...

Samaaaaaaaaaaa, huhuhuhu, mana film favorite, pasti udah nggak keluar lagi. Hiks!

Anonymous said...

sama bro, lapisan pemantulnya hilang. saya sudah cari cari di mbah google belum nembu solusinya untuk menyelamatkan datannya.

Febricipto Koentjoro said...

Aneh bin ajaib tentunya. Ane search susah amat ya nemu penjelasan lapisan pelangi menghilang. Keywordnya apa sih wkwk